Resep kue Cubit enak empuk laris manis - Cds Blog

Resep kue Cubit enak empuk laris manis


Resep membuat kue cubit enak empuk pisan laris manis tanjung katung - Sebelumnya mungkin banyak yang belum tahu dan belum pernah mencicipi apa itu kue cubit, dan dari mana khas asal kue yang lagi naik daun ini, Kueh cubit adalah jajanan populer di Jakarta. Kueh berukuran kecil ini (cuma berdiameter sekitar 4 cm) termasuk kedalam kategori kue basah, sekilas mirip dengan kueh bolu atau apem, kue cubit ini terbiasa dijajakan di depan sekolah atau kantin oleh abang-abang pedagang kaki lima. Kue cubit lazim nya menggunakan campuran susu dan tepung terigu sebagai bahan baku utamanya namun ada pula yang sudah memodifikasi nya.

Saat ini kue cubit yang paling menjadi vaforit atau bisa dikatakan lagi nge-trend adalah kue cubit abang-abang, kue cubit setengah matang green tea, dan kue cubit rainbow yang enak dan kaya akan warna itu.

Baiklah langsung saja pasti udah gak sabaran kepengen tahu gimana sih cara buat nya? Okeh Yang pertama Kita akan mulai dengan resep kue cubit green tea setengah matang yang sangat digemari ibu2 berikut bahan yang digunakan beserta cara membuat nya:

Resep kue Cubit enak empuk laris manis
Resep kue Cubit Green tea

Kue Cubit Green Tea Setengah Mateng

Bahan-bahan
1. 3 butirtelur
2. 100 gramgula pasir
3. 100 gram tepung terigu
4. 100 gram margarin yang sudah dilelehkan terlebih dahulu
5. 1 bungkusvanili bubuk
6. 1/4 sdtsoda kue
7. 1/2 sdtbaking powder
8. bubuk green tea
9. topping : keju, meses, kitkat, dll

Langkah membuat kue cubit green tea:
Masukin telor dan gula pasir ke dalam suatu mangkuk agak besar. Kocoklah adonan tsb hingga gula pasir larut sepenuhnya dan mengembang.

Masukin tepung terigu sedikit demi sedikit lalu aduk sampai rata. Setelah itu, tuangkan margarin cair dan aduk hingga rata lalu masukin juga soda kue, baking powder dan vanili bubuk. Aduk sampai merata.

Masukin juga bubuk green tea hingga warna yang dihasilkan sesuai dengan selera kamu.
Setelah adonan rata, masukkan adonan ke dalam  wadah bercorong atau teko.

Panaskan cetakan kue cubit di atas api kecil yang sudah diolesi sedikit margarin. Terus, tuangkan adonan dengan volume setengah cetakan dan tutup.

Saat adonan setengah matang dan mengembang tunggu hingga bagian bawah berwarna sedikit kecokelatan, angkat adonan dan kue cubit setengah matang pun siap disajikan dan disantap.

Resep yang kedua adalah kue cubit
Abang-abang yang sederhana namun sangat disukai anak-anak karena selain enak pisan harga nya murah meriah.

Resep kue Cubit enak empuk laris manis
Resep kue Cubit Abang abang

Resep Adonan Kue Cubit Abang - Abang yang Enak dan Empuk

Waktu Untuk Membuat Kue :
- 15 menit untuk persiapan
- 20 menit untuk memasak

Peralatan yang Digunakan :
Mangkuk besar atau Wishker Wadah bercorong atau teko Cetakan kue cubit

Bahan Kue Cubit Abang-abang:
1. 250 gram tepung terigu
2. 4 butir telor
3. 200 gram pasir gula
4. 250 mentega cair
5. ½  sendok teh soda kue
6. 1 sendok teh baking powder
7. 2 bungkus vanili bubuk

Untuk Topping / Hiasan nya:
- 200 gram coklat leleh / meses / Selai coklat dll

Sedikit Tips Dalam Membuat Kue Cubit Abang-Abang :
Pastikan adonan tercampur rata dan licin jika masih bergerindil coba disaring terlebih dahuluTunggu adonan selama 15 menit supaya baking powder bisa bekerjaGunakan wadah yang bercorong seperti teko untuk mempermudah proses penuangan adonan.Saat memasak gunakan api kecil saja dan gunakan tutup panci untuk menutup loyang yang sudah dituangi adonan

Langkah Membuat Kue Cubit Abang-Abang :
Masukkan Telor dan Gula kedalam wadah agar bisa diaduk secara merata dengan cukup menggunakan whisker, Tambahkan campuran tepung terigu, mentega kedalam wadah, terus aduk hingga merata.Masukkan juga baking powder, soda kue dan vanili bubuk kedalam adonan tadi.

Setelah adonan menjadi rata semuanya, selanjutnya pindahkan kedalam gelas atau bisa juga ceret yang dapat mempermudah kita memasukkan kedalam cetakan.

Panaskan wajan menggunakan api berukuran sedang saja, letakkan cetakan kue cubit diatasnya lalu tuangkan adonan secara pelan-pelan hingga ½  dari tinggi cetakkan ( Hal ini akan membantu pengembangan adonan ) Panggang sampai bagian bawah kue terlihat cokelat yang berarti telah matang dan angkat. Sebagai pelengkap terakhir letakkan Topping / Coklat Cair diatasnya, nah,, jadi deh.

Resep yang ke tiga adalah kue cubit rainbow yang disukai semua orang, rasa nya yg lezat empuk dan banyak warna jadi ciri khas bagi kue cubit rainbow ini.

Resep kue Cubit enak empuk laris manis
Resep kue Cubit rainbow

Resep Kue cubit rainbow ala mbakyu

Kue cubit rainbow ini agak beda dengan yang lain, versi adonannya agak encer mirip yang di jual di gerai-gerai. Adonan nya menggunkan kue cubit setengah matang. Namun memanggangnya sampai matang. Dan hasilnya lebih lembut jika adonan lebih encer. Tapi butuh waktu agak lebih lama memanggangnya ciri khas nya rasanya gosong sedikit di bawahnya.. Isi didalamnya tetap matang dan rasa mois nya enak dan lembut. nah, jika suka rainbow yang versi setengah matang bisa dicoba.

Bahan-bahan Kue Rainbow
1. 150 grTepung terigu protein sedang
2. 1/2 sdtVanili
3. 1/2 sdtBaking powder
(campur rata dan ayak, sisihkan)
4. 2 btrTelur
5. 75 grGula pasir halus
6. 1/4 sdtGaram
7. 100 mlsusu cair
8. 100 mlSusu cair

Langkah Menvuat kue cubit Rainbow mbakyu

Kocok telur + gula + garam hingga mengembang.

Masukkan bahan kering yg sudah diayak bergantian dgn susu cair. Kocok dgn speed rendah.

Masukkan margarin aduk rata dgn spatula

Adonan agak encer seperti adonan martabak manis, jika dituang mengalir yaa.

Bagi menjadi 4, beri warna masing2 sesuai selera.. Bila ingin menambah bubuk greentea dicairkan dulu dgn 1 sdm susu cair masukkan pd saat memasukkan susu cair tadi.

Siapkan cetakan kue cubit, panaskan dan olesi dgn margarin. Tuang adonan ¾ tinggi cetakan. Masak dgn api kecil hingga berlubang2 atasnya lalu beri toping. Tutup sbntar jika mau matang.
Jika Hasilnya mau setengah matang waktu adonan diatasnya sdh mengental, angkat.

Nah... Cukup tiga kue cubit ini saja yang kita ulas, karena memang saat ini ke tiga macam kue cubit paling Populer digemari oleh masyarakat pecinta kuliner kue tak terkecuali ibu ibu bapak atau anak-anak. Silahkan dicoba dan jika untuk dijual semoga laris manis, dan jangan lupa undang saya buat mencicipi nya hehehe... * (CDS)

Ayo Berlangganan Artikel GRATIS Via inbok Masukkan Alamat Email Kamu Disini: